Friday, November 22, 2013

Kemping Ceria VS Gowes Ampe Sengkleh (GAS)

KemCer Dimulai

Kalo selama ini umumnya orang mendaki dengan kaki, aku menemukan ternyata ada lho orang yang mendaki gunung dengan sepeda. Gowes Ampe Sengkleh (GAS), kelompok sepeda gokil yang bertemu Ayek-ayek saat Kemping Ceria (Kemcer), 29-30 Maret 2013 lalu.

Kemping Ceria direalisasikan atas dasar acara wisuda di gunung karena Rizky baru saja lulus kuliah. Papandayan dipilih karena kami ingin traveling dan piknik cantik di gunung. Kami memilih berangkat Jumat malam 29 Maret sepulang kerja. Ini kali pertama aku ke kantor membawa keril. Rasanya sangat macho!

Meeting point kami di terminal Lebak Bulus. Dengan Rp 35 ribu, kamu bisa naik bis ke arah Garut yang tersedia hingga pukul 24.00 dengan lama perjalanan sekitar 5-7 jam tergantung macet atau tidaknya jalanan.
Bus akan berhenti di Terminal Garut, masih perlu naik angkutan umum hingga pertigaan Cisurupan.

Tidak mudah mencapai lokasi basecamp dari pertigaan Cisurupan. Jalanan sangat jelek, kebanyakan cuma mobil picik up melewatinya. Tapi yang keren, kita kemarin bertemu sama kelompok pendaki pesepeda. Mereka menggunakan sepeda untuk mencapai basecamp. Kewl!
Mereka kewl!

Mereka satu per satu tiba di basecamp sekitar pukul 12.00 WIB tengah hari. Setiap tiba anggota mereka, semua orang di basecamp memberi selamat dengan tepuk tangan ramai. Iseng, Ayek-ayekpun kenalan dengan om-om dan mas-mas super ini. Mereka juga antusias memamerkan poster besar yang dibawanya, bertuliskan "GAS (Gowes Ampe Sengkleh), Bekasi-Gunung Papandayan, 29-31 Maret 2013".

GAS (Gowes Ampe Sengkleh) adalah sekelompok orang-orang yang mencoba untuk menikmati traveling dengan mengendarai sepeda. Mereka berempat, yaitu Ares, Narki, Dony, dan Ganip mewakili kelompok yang terdiri atas 15 orang dan memulai mengayuh sepeda dari Cisurupan. Kemudian berhenti sejenak di basecamp, lalu lanjut bersepeda hingga ke Pondok Salada.

Jangan salah, mereka nantinya akan pulang sampai bekasi dengan mengayuh sepeda. Kurang seksi apa betis mereka coba?! Mereka bahkan juga pernah menggowes sepeda hingga Palembang. Setelah Papandayan, mereka akan mencoba bersepeda hingga Pantai Pangandaran.

Papandayan memang cocok disebut sebagai destinasi kemping ceria. Seperti kata Om Ardi, Nginep semalam wajar. Nginep 2 malam itu ngeronda. Treknya termasuk ringan hingga tempat camp, hanya perlu berjalan sekitar 2,5 jam. Itu pun udah diisi dengan foto-foto narsis. Namanya juga kemping ceria.
Jalan dikit, foto, jalan dikit, foto

Jangan lupa selalu sedia penutup mulut, karena bau belerang sepanjang perjalanan sangat menyengat.
Untuk mencapai Pondok Salada, ada 2 trek, melalui trek hutan mati yang terjal namun lebih singkat, atau trek lawang angin yang lebih landai namun lebih lama karena jalurnya memutar.
Belerang dimana-mana

Yang menyenangkan, om-om dari GAS ini mendirikan tenda persis di sebelah tenda kami. Haha mereka sangat jago masak! Yaudah deh, semua logistik Ayek-ayek dilempar ke 'dapur' tetangga. Om-om GAS memasak, kami the ayek-ayek-ers and friends cukup mengunyah!
Tinggal makan!

Apalagi yang lebih nikmat dari itu? Ditambah kita-kita boleh berkeliling meminjam sepedanya. Gak cuma bersepeda sampai Pondok Salada, Om Ares dkk juga akan menggowes sepeda ke atas menuju ke Tegal Alun.

Ayek-ayek boleh pinjam
Gak afdol kalo main ke gunugn, tapi nggak summit. Sambil membawa toga untuk mewisudakan Rizky, kami berangkat sekitar pukul 04.30 ke tempat dimana bisa melihat matahari terbit. Kebedonan terjadi saat kita sadar tidak membawa minuman panas dan makanan lebih.

Nengok ke belakang, eh Om Ares ternyata ikut kita untuk melihat matahari terbit juga! Lengkap dengan nesting pastinyah! Nikmat deh! Suer! Bareng-bareng mereka senantiasa minum nutrisari/kopi/teh panas plus beberapa roti bakar!

Summit
Masih banyak cerita trip lanjutan nantinya. Tempatnya juga akan lebih cadas! Namanya juga traveler random, dan ketemu ayek-ayek jelek yang ngejabanin semua trip. *cek dompet* Semangatt!!! Mungkin kapan-kapan aku juga harus coba bersepeda jarak jauh! Pastinjaaaaa....